Testimoni Olshop, Pengertian Dalam Bahasa Indonesia dan Manfaatnya

Testimoni Olshop, Pengertian Dalam Bahasa Indonesia dan Manfaatnya
testimoni

Pengertian, Manfaat serta Cara Mendapat Testimoni Postive Untuk Olshop – Sebelum menjelaskan arti dari kata “ Testimoni “ dan manfaatnya bagi pemilik Online Shop.

pertama saya ingin menceritakan tentang sebah riset yang dilakukan sekelompok peneliti yang ingin membuktikan bahwa orang akan cenderung mengikuti mayoritas dan tidak mengindahkan pendapatnya sendiri.

Dan tolong, sambil anda membaca cerita ini anda juga membayangkan diri anda dalam situasi yang dialami orang yang ada didalam percobaan tersebut sehingga anda benar-benar memahami konsep yang ingin dibuktikan oleh para ilmuan dan menerapkannya pada Olshop anda…!

Jadi begini….

Disebuah praktik dokter yang menyediakan periksa gigi gratis, seorang wanita tiba-tiba masuk untuk memeriksa kesehatan giginya meskipun tidak sakit, melainkan tertarik dengan iklan yang terpampang didepan gedung praktik yang menyatakan “ LAYANAN PERIKSA GIGI GRATIS “.

Didalam ruangan tersebut ada 5 orang yang sudah antri dan terdiri dari 2 lelaki dan 3 perempuan.

Dengan tersenyum sambil berkata permisi kepada kelima calon pasien yang juga ikut antri, wanita tersebut mengambil nomor antrian kemudian duduk disebuah kursi antri kosong yang disediakan.

Lima menit kemudian, terdengar suara bel “ TING DONG “ .

Mendengar suara bel tersebut calon pasien lelaki yang duduk paling pojok kemudian berkata kepada pasien lainnya “ SAUDARA-SAUDARA SUDAH WAKTUNYA “ sembari mengangkat pantatnya dari tempat lalu duduk kemudian berdiri lalu duduk kembali.

Hal tersebut diulangi sampai tiga kali.

Setelah itu, mereka kembali antri seperti biasa seolah tidak ada terjadi apa-apa, tanpa tegur sapa dan senyum kepada yang lain.

Wanita yang dites tadi awalnya agak bingung kok mereka duduk berdiri sampai tiga kali setelah mendengar bel.

Karena merasa risih sebab hanya dia sendiri yang tidak melakukan hal tersebut dia akhirnya ikut-ikutan juga.

Lima menit kemudian, bel kembali berbunyi dan kali ini wanita itu tanpa fikir-fikir sekali dua kali langsung duduk dan berdiri seperti pasien lainnya.

Hingga akhirnya gilirannya untuk diperiksa tiba, wanita tersebut terhitung melakukan kegiatan duduk dan berdiri setelah bel sebanyak 5 kali tanpa ada ada penolakan.

Bagaimana..

Sudah dapat poinnya…?

Pengertian Testimoni Dalam Bahasa Indonesia

testimoni

Testimoni atau Testimonial dalam Bahasa Inggris adalah kesaksian atau pendapat dari orang yang menggunakan / membeli sebuah produk.

Pendapat ini dapat berisi ungkapan kepuasan (Testimoni Positif) maupun ketidak puasan yang berisi celaan dan makian (Testimoni Negatif), atau bisa juga berupa saran dan masukan.

Dalam hal untuk meningkatkan penjualan sebuah Olshop, maka yang dikejar adalah Testimoni Positif .

Kalau bisa sebanyak banyak-banyaknya dan jangan lupa untuk didokumentasikan.

Bentuk dokumentasi ini bisa apa saja.

Testimoni dalam bentuk video adalah yang paling bagus dan meyakinkan.

Selain itu ada juga testimoni dalam bentuk Teks / Gambar seperti Screenshot Chat WhatsApp, Facebook Mesenger, Email dll.

Dokumentasi ini sangat perlu, karena masukan positif dari pembeli ini akan menarik calon pembeli lainnya untuk membeli produk anda tanpa ragu seperti cerita wanita dalam eksperimen tadi.

Logikanya begini….

Coba anda tanya diri anda sendiri, maukah anda membeli produk misalnya saja obat penghilang uban yang tidak ada satupun bukti yang menyatakan kalau obat tersebut berhasil menekan angka pertumbuhan uban…?

Sudah pasti anda anda beralih ke Olshop lain…iya kan…?

Lalu bayangkan seandainya ada 1000 orang yang memberikan respons positif terhadap produk anda, maka keraguan dalam diri anda sebagai calon pembeli akan hilang karena sudah ada bukti 1000 orang yang pakai.

Dan BERHASIL…

Ingat kembali ekspreimen diawal tadi bahwa Orang cenderung mengikuti Mayoritas.

Sedangkan Testimoni Negatif sebaiknya dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran agar lebih baik kedepannya.

Contoh Testimoni

Di video ini seorang Youtuber bernama Shandy Koo mengaku sakit pinggangnya akibat tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Sakit pinggang yang dirasakannya sangat menyiksa sehingga membuatnya sulit bernafas, sulit bergerak, tidur tidak nyenyak dll.

Akhirnya sakit pinggangnya sembuh setelah diurut oleh seorang sensei yang anehnya butuh waktu hanya dua menit saja.

Ia membuktikan sendiri dengan merekam sendiri jalannya sang Sensei mengurut bagian tubuhnya yang sakit, meski secara jujur dia mengatakan kalau rasa sakitnya sangat luar biasa.

TAPI SEMBUH….

Video ini telah ditonton jutaan kali dan dibagikan ribuan kali.

Tanpa sadar, Shandy Koo telah meningkatkan reputasi sang Sensei yang mengakibatkan orang yang punya penyakit yang sama akan berbondong bondong menemuinya.

Manfaat Testimoni Terhadap Keberlangsungan Olshop Anda

Testimoni Positive Menaikkan Reputasi

Pernahkan anda mendengar berita tentang kasus penipuan Biro Perjalanan Umroh yang berhasil menipu ribuan orang dengan total kerugian RATUSAN MILIAR…?

Dengan iming-iming biaya minim dan pemberangkatan cepat, ribuan orang berbondong-bondong menyerahkan tabungan seumur hidupnya kepada Biro Perjalanan Umroh tersebut demi menunaikan impian serta niat mulianya menjalankan ibadah Umroh.

Dengan jumlah pendaftar yang begitu banyak, pemiliki Biro Perjalanan tersebut seketika KAYA RAYA meskipun hanya sejenak.

Sekarang, dengan tersebarnya berita jika ribuan calon Jamaah Umroh yang sudah mendaftar lama merasa ditipu karena tidak kunjung diberangkatkan setelah bertahun-tahun mengantri dan melaporkan Biro Perjalanan tersebut ke Polisi serta meminta uang yang disetorkan dikembalikan.

Tak ayal, reputasi yang dibangun oleh Biro Perjalanan Umroh tadi langsung jatuh ke titik terendah.

Polisi telah menetapkan pemiliknya sebagai tersangka atas kasus PENIPUAN, asetnya yang tadinya ratusan miliar dibekukan.

Foto-foto tamasya keluar negeri yang selalu dibagikan si Pemilik Biro Perjalanan Umroh di akun Instagramnya  kini hanya menjadi kenangan manis yang bakalan dia ingat di balik dinginnya PENJARA.

Apabila Biro Perjalanan Umroh tadi kembali mempromosikan program Umroh ½ harga sekalipun, dengan REPUTASI yang sudah hancur. Kecil kemungkinan orang akan kembali percaya untuk menggunakan Biro jasa tadi.

Makanya, hal pertama yang perlu diperjuangkan oleh pemilik Olshop adalah REPUTASI, baik itu reputasi produk dan kualitas layanan.

Tidak heran, pedagang dengan reputasi baik akan selalu kebanjiran order meskipun harga yang harus ditebus untuk sebuah produk tergolong lebih mahal dari pesaing meskipun produk yang dijual sama.

Pembeli tidak akan memikirkan selisih harga tadi, karena yang dicari adalah rasa aman karena sudah YAKIN dengan kualitas produk dan layanan dari Olshop tadi.

Testimoni Positive Untuk Mendapatkan Kepercayaan

Melihat tanaman Lengkeng di depan rumah yang tidak kunjung berbuah saya jadi ada niat untuk menebang saja pohon Lengkeng tersebut.

Terlebih setelah diperiksa ternyata jenis Lengkeng yang satu ini memang jarang ada yang berbuah tetapi punya kelebihan punya daun yang rimbun.

Daripada saya tebang karena sudah terlanjur sayang, saya akhirnya berinisiatif menempel tanaman Lengkeng jenis lain dari tetangga yang sudah terbukti memiliki buah manis dan banyak.

Saya belajar sendiri lewat YouTube dan artikel di Internet saya merasa sudah cukup tahu banyak tentang apa yang harus dan perlu untuk dilakukan agar rencana saya untuk menempel Entreset Lengkeng lain di pohon milik saya berhasil.

Setelah beberapa bulan percobaan saya terbukti dan berhasil menumbuhkan Entrest dari phon yang berbeda.

Tetangga tempat saya minta Entrest Lengkeng tadi tertarik mengikuti apa yang saya lakukan.

Saya jelaskan dengan SUKARELA mulai dari hal yang penting sampai yang REMEH TEMEH.

Melihat ide saya tadi, tetangga sayapun tertarik dengan punya ide untuk mengembangkannya menjadi sebuah usaha sampingan.

Dia mulai bereksperimen sendiri dengan mengkombinasikan tanaman buah yang ada dihalamannya seperti Mangga, Lengkeng, Alpukat, Durian dll.

Dan ternyata banyak yang berhasil.

Selanjutnya dia mulai berkreasi dengan membuat kombinasi buah seperti mangga 7 jenis dalam sebuah Planter Bag.

Banyak tetangga dan kerabat yang datang melihat karyanya tersebut dan banyak pula yang membeli dengan harga lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga tanaman dalam pot biasa dengan satu jenis saja.

Saat ditanya siapa yang ajarin, dia dengan JUJUR mengatakan kalau dia belajar ke saya. Walaupun demikian orang-orang yang datang ingin membeli pastinya tidak mungkin bertanya kepada saya bagaimana cara dan tehnik membuat kombinasi buah dengan beragam jenis.

KARENA…

Saya tidak memiliki cukup bukti yang akan membuat mereka percaya bahwa saya BISA, karena saya cuma punya 1 contoh saja yakni Lengkeng.

Walaupun mulut saya sampai berbusa menjelaskan kalau saya lebih ahli dan bahkan memasang spanduk AHLI SAMBUNG TANAMAN, orang pastinya akan tetap tidak / kurang PERCAYA.
Orang bisa percaya karena ada bukti.

Bukti dapat berupa barang bentuk jadi, maupun dari cerita orang yang pernah membeli produk.
Dan tetangg saya sudah mendapatkan KEPERCAYAAN tersebut.

Testimoni Positive Dapat Menjaring Lebih Banyak Pembeli Loyal

Dengan reputasi yang bagus, kepercayaan yang tinggi orang-orang dari Lingkungan dan bahkan Luar Kota mulai banyak mengenal tetangga saya tersebut.

Mereka terkadang tidak datang sendiri, melainkan membawa teman dan kerabat sekaligus guna secara langsung mempromosikan produk tanaman dalam pot yang tetangga saya jajakan.

Selain Reputasi dan Kepercayaan yang telah dimiliki, tetangga saya cukup pintar mengubah pembeli biasa menjadi pembeli LOYAL.

Dia punya trik khusus untuk membuat nyaman dan betah calon pembelinya sehingga hubungan yang terjalin antara dia dan pembelinya tidak sebatas pembeli dan penjuual tetapi KAWAN.

Setiap kali ada calon pembeli yang datang dia selalu MENYUGUKAN KOPI HITAM PELENGKAP ROKOK YANG DINIKMATI DITERAS SAMBIL BERCENGKRAMA MEMBAHAS HARGA MAUPUN JENIS TANAMAN YANG MAU DIPESAN ATAU SEKEDAR KONSULTASI DAN TANYA-TANYA.

Apakah cara ini berhasil…?

Sangat berhasil jika dilihat dari semakin banyak pesanan tanaman buah serta berdasarkan penuturan si tetangga saya ini.

Memperoleh Keuntungan

Hasil akhir dari sekian manfaat Testimoni ini tentunya UANG.

Dan ya tentu saja semakin banyak tanaman dalam pot yang laku maka keuntungan tetangga saya ini juga semakin banyak.

Sebagai ucapan terimakasih, saya secara khusus saat malam minggu mendapatkan sebungkus rokok dan segelah kopi hitam menemani kami ngobrol sampai larut malam sebagai bayar jasa atas IDE CEMERLANG yang didapat dari hasil ISENG SAYA.

Cara Mendapatkan Testimoni

Ada tiga cara umum yang digunakan untuk mendapatkan testimoni, baik itu yang (+) maupun yang (-) yaitu :

Sukarela

Pembeli secara sukarela memberikan testimoninya kepada anda secara langsung atau dengan mengirim pesan lewat chating via WhatsApp.

Pembeli yang seperti ini biasanya merasa puas dengan produk yang anda tawarkan sehingga keinginannya tercapai setelah membeli produk anda.

Wawancara

Tidak semua pembeli mau secara sukarela memberikan testimoninya kepada anda setelah membeli barang, makanya Market Place besar seperti Tokopedia biasanya langsung jemput bola dengan mengirim pesan kepada mereka yang sudah belanja untuk memberikan masukan mereka baik itu yang (+) maupun (-) dengan menyertakan foto barang setelah sampai ketangan pembeli.

Untuk anda yang punya Online Shop sekala kecil, sebaiknya melakukan hal yang serupa dengan melakukan wawancara kecil-kecilan dimana anda dengan sopan meminta pendapat mereka setelah menggunakan produk anda.

Jemput Bola

Jika anda tidak cukup keberanian untuk melakukan wawancara dengan pembeli anda.

Cobalah untuk melakukan riset dengan browsing mencari Testimoni positif di Market Place besar seperti Tokopedia, Lazada, Jualo dll kemudian anda Screenshot.

Atau anda bisa meminta kepada suplier anda KARENA biasanya suplier sudah punya stock Testimoni yang siap pakai seperti yang banyak ditemukan di Facebook, Twitter dll.

Tips mendapatkan Testimoni Positif

Pastikan Produk Yang Anda Jual Bagus

Siapa sih yang mau merelakan uangnya untuk hal tidak berguna.

Yang pasti anda orang seperti itu dan biasanya karena alasan GENGSI.

Tetapi sebagian besarnya tidak akan secara bodoh membeli barang yang tidak bermanfaat dan berguna mengatasi masalah konsumen.

Bila ingin mendapatkan testimoni positif dari pembeli, maka sedari awal anda pastikan dulu apakah produk yang anda tawarkan memang mampu menyelesaikan masalah calon pembeli seperti contoh kasus Obat Penghilang Uban.

Untuk itu, sebelum menjualnya anda lakukan riset kecil-kecilan dengan mencoba sendiri produk tersebut dan merasakan sendiri bagaimana produk tersebut bekerja untuk anda.

Testimoni langsung dari penjual yang disertai bukti nyata akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli anda sehingga testimoni yang didapat ASLI.

Pastikan anda punya pengetahuan mendalam tentang produk yang anda jual

Setelah produk anda berpindah tangan ke pembeli (LAKU), masalah tidak selesai sampai disana.

Karena ada masalah baru seperti komplain mengapa produk yang anda jugal tidak bekerja seperti harapan, atau mereka pertanyaan terkait cara pengaplikasian.

Seperti contoh Obat Penghilang Uban tadi.

Pastinya ada saja yang komplain mengapa obat tersebut tidak bekerja seperti yang anda iklankan.

Pengetahuan akan produk yang anda jual merupakan alat untuk memberi penjelasan mengapa obat tersebut tidak bekerja.

Mungkin, waktu penggunaannya salah atau ada pantangan yang dilanggar dan lain sebagainya.

Sebagai penjual anda dituntut untuk membimbing si pembeli yang telah merelakan uangnya untuk menebus produk anda sampai tujuan akhir yang diharapkan konsumen.

Jika pelayanan yang diberikan sudah sempurna dan secara nyata membantu konsumen mendapatkan apa yang diharapkan maka Testimoni positif akan dengan SUKARELA diberikan oleh pembeli tadi, bakan TANPA DIMINTA sekalipun.

Mintalah Pembeli Memberikan Testimoni

Terkadang setelah menikmati hasil dari sebuah produk, pembeli lupa dan tidak peduli lagi dengan kita sehingga boro-boro Testimoni ingat nama Olshopnya saja TIDAK.

Disini, anda sebagai penjual harus jemput bola seperti menanyakan progres dari hasil yang ingin dicapai oleh pembeli.

Mintalah dengan sopan via Chat minta mereka menceritakan hasil yang didapat atau pengaruh baik apa saja yang diberikan setelah menggunakan produk anda.

Setelah itu anda dokumentasikan dan dipelajari.

Entah itu, negatif maupun positif hendaknya dijadikan bahan evaluasi bagai anda sebagai penjual guna meningkatkan kualitas produk dan layanan kedepannya.

Related Posts:

  • No Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *