Apakah Samsung J7 Prime Bekas Layak Anda Beli di Tahun 2021

Samsung Galaxy J7 Prime 2016

Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F/DS dirilis kepasaran pada bulan Agustus tahun 2016 silam. Dengan kadar Spesifikasi yang tergolong kelas menengah. Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan Chipset Exynos 7870 dan Memori RAM berkapasitas 3 GB LPDDR3. Spesifikasi yang sedemikian menjadi kelebihan tersendiri bagi J7 Prime sebab rata-rata pada masa itu standar RAM ponsel Android masih 2 GB.

Kondisi ditahun 2021 tentunya sudah berbeda jauh dengan 2016 dimana standar Chipset dan RAM ponsel sudah menjadi lebih tinggi lagi dimana rata-rata orang maunya Smartphone yang RAM-nya minimal 4 GB dan sudah DDR4.

Tetapi, bagi kalangan user harian dengan modal pas-pasan menganggap harga ponsel terbaru yang dengan spesifikasi menengah terlalu mahal, kisaran harga ya 1,7 s/d 2 juta keatas. Sementara kalangan ini penggunaan hape hanya sebatas Chating WhatsApp, buka Facebook, Twitter atau Streaming Youtube dan sedikit bermain Game (ringan tentunya) .

Pertanyaannya adalah, apakah J7 Prime masih layak untuk dijadikan pilihan utama dibanding hape keluaran baru…?

Sebagai informasi, harga Seken (Bekas) Samsung Galaxy J7 Prime saat ini berkisar diantara Rp.600.000 s/d Rp.780.000 saja.

Wow, menarik bukan…?

Supaya lebih jelas, berikut adalah daftar spesifikasi dari Samsung Galaxy J7 Prime

Spesifikasi Utama Samsung J7 Prime

Ukuran LayarPanel PLS TFT/ 5,5 inci / Resolusi Layar 1080P
ChipsetSamsung Exynos 7870 Octacore
Kapasitas Penyimapanan (Storage)16 / 32 GB
Memori RAM3 GB LPDDR 3
Kamera Depan / Kamera Depan8 MP / 13 MP
Kapasitas Baterai3300 mAh
Jaringan2G / 3G / 4G LTE
Ketersediaan WarnaBlack / Rose / Rose Gold
Harga Baru / Harga SekenRp.3.700.000 / Rp.600.000 s/d Rp.d 780.000

Supaya Clear, anda sebaiknya tahu dulu apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy J7 Prime…!

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime

1. Desain Menarik
Anda mungkin akan sedikit kesulitan membedakan antara Samsung J7 Prime dengan hape J Series Samsung yang memang rada-rada mirip. Meskipun demikian, bukan berarti desain hp ini jelek, malahan sangat terlihat mewah meski tergolong hp kelas menengah.

Sayangnya, bahan yang dipilih Samsung untuk bodi dari smartphone ini membuatnya terasa agak licin saat dipegang. Akan tetapi bahan metal yang melapisi body dari Samsung J7 Prime membuat hape ini terlihat tidak murahan.

2. Memori Internal Lapang
Dengan memori penyimpanan internal 32 GB rasanya sudah cukup untuk menginstal banyak aplikasi dan menampung koleksi foto dan video. Bahkan jika Samsung Galaxy J7 Prime ini anda gunakan bermain game, Data game yang biasanya bergiga-giga itu masih terlalu kecil dibandingkan ruang penyimpanan internal.

Anda juga bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan hingga 128 GB jika merasa penyimpanan yang 32 GB (setelah dikurangi sistem dan aplikasi) sudah tidak cukup.

3. Support Jaringan 4G LTE
Dibandingkan dengan jaringan 3G, ponsel yang menggunakan jaringan 4G LTE akan menghasilkan kecepatan dalam berkomunikasi yang lebih lancar dan tanpa batas. Hanya saja, terkadang tidak semua lokasi sudah bisa dijangkau oleh jaringan 4G LTE.

Teknologi jaringan 4G LTE memang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan 4G LTE yang dimaksud adalah Kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps.

Salah satu hal yang paling hebat dari jaringan 4G LTE adalah kecepatan upload-nya yang mampu hingga 75 Mbps dan kecepatan download-nya hingga 300 Mbps, yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan 3G.

Selain itu aktifitas Streaming Youtube dipastikan tidak akan mengalami Buffering. Kegiatan upload dan download yang lebih cepat, penggunaan jaringan 4G LTE pun membuat streaming menjadi jauh lebih cepat.

Gangguan pada jaringan 4G LTE pun sangat minim terjadi sehingga anda bisa melakukan aktivitas streaming dengan sangat nyaman.

Manfaat lain jika hp sudah mendukung 4G adalah Video call menjadi lebih lancar. Penggunaan jaringan 4G LTE juga sangat berpengaruh kepada penggunaan internet lainnya, seperti untuk kebutuhan video call.

Saat ini, kegiatan video call sering dilakukan melalui smartphone seiring dengan banyaknya aplikasi di smartphone yang sudah mendukung hal ini. Karena itu, dengan adanya jaringan 4G LTE, akan sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan menggunakan video call.

Apalagi saat ini sudah banyak juga provider smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE.

4. Layar Lebar
Minat konsumen masih sangat tinggi terhadap smartphone yang memiliki layar lebar. Definisi layar lebar yang dimaksudkan disini adalah hp dengan layar berukuran 5,5 inch atau di atasnya. Bahkan kini peminat hp layar full makin meningkat seiring munculnya tren hp full display.

Kenyamanan beraktivitas terutama pada saat bermain game dan streaming Youtube menjadi salah satu faktor mengapa hp layar lebar terus diminati.

5. RAM Diatas Standar
Samsung J7 Prime SM-G610F/DS berjalan menggunakan RAM sejumlah 3GB. Spesifikasi RAM tersebut tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Salah satunya anda bisa menginstal banyak aplikasi serta masih dapat melakukan beragam aktivitas secara bersamaan (multitasking) dengan lancar.

Termasuk memainkan game online favorit semacam Mobile Legend, AOV, hingga PUBG yang kini makin digemari. Tidak perlu khawatir eror, karena sistem multitasking di Android bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Tapi tetap harus diingat pula, bahwa performa sebuah hp tidak hanya tergantung pada kapasitas RAM saja, masih ada prosesor dan dukungan komponen lain.

6. Chipset Exynos 7870
Exynos 7 Octa 7870 ini diproduksi dengan teknologi 14 nm FinFET yang menjadi andalan Samsung belakangan ini. SoC tersebut mengusung delapan core Cortex A53 dengan kecepatan hingga 1.6 GHz. Seperti yang dikabarkan sebelumnya, SoC ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-T830.

Samsung menyebutkan bahwa konsumsi daya SoC ini akan 30% lebih rendah dari SoC dengan performa serupa yang diproduksi di fabrikasi 28 nm HKMG. SoC ini dilengkapi dengan ISP yang mendukung penggunaan kamera depan dan kamera utama dengan sensor hingga 16 MP, atau dua sensor 8 MP untuk mode dual camera.

Terdapat juga dukungan untuk video playback hingga 1080p 60 fps, serta dukungan untuk layar hingga resolusi 1920 x 1200. Untuk jaringan seluler, SoC ini mendukung 4G LTE Cat. 6 serta FDD-TDD carrier aggregation.
Sumber Jagat Review : http://www.jagatreview.com/2016/02/samsung-berikan-detail-spesifikasi-exynos-7870/

7. Bisa Upgrade ke Android Oreo
Ya, Samsung J7 Prime mendapat keistimiewaan dengan dihadirkannya pembaruan sistem ke Android Oreo 8.0. Hebatnya lagi, meski tergolong lawas, J7 Prime yang awalnya hanya menjalankan Android 6 ini tidak mengalami masalah meski menjalankan Sistem Operasi Android Versi 8. Bahkan ada Rumor kalau J7 Prime dan ponsel J series lain seperti J5 Pro Series juga bakalan kedapatan jatah Android 9 Pie dengan UI Samsung One.

8. Punya Sensor Sidik Jari
Tinggalkan metode kunci layar dengan pola atau PIN yang terkadang kita sendiri lupa pola dan angkanya. Samsung J7 Prime telah dilengkapi dengan sensor sidik jari, sehingga anda adalah satu-satunya orang yang bisa membuka hp apabila mengkatifkan fitur ini.Respons sensor cukup cepat, sehingga hanya butuh sepesekian detik untuk membuka menu setelah anda meletakkan jari diatas tombol home.

Kekurangan Samsung J7 Prime SM-G610F/DS

Saya rasa hanya dua kekurangan saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J7 Prime yakni :

  • Pertama, Samsung J7 Prime Mudah terlihat kotor karena body terutama dibagian belakang full metal membuat bagian ini mudah sekali terlihat kotor setelah dipegang. Apalagi jika penggunanya adalah orang yang mudah berkeringat, maka siapkanlah tisu pembersih atau gunakan pelindung (case).
  • Yang kedua, masih terkait dengan poin pertama dimana pengguna J7 Prime harus Menggunakan Hardcase. Body yang terbuat dari metal, panas yang dihasilkan dari aktifitas hardware terasa sekali jika tidak dipasangkan Case. Casing yang dianjurkan untuk tipe hape dengan body metal adalah Hardcase, karena casing tipe ini cepat menghantarkan panas. Hindari menggunakan casing jenis Softcase yang karena daya hantar panas yang lebih rendah dibandingkan Hardcase.

Simpulan

Dengan spesifikasi yang diusung plus harga seken yang sangat terjangkau membuat Samsung J7 Prime masih layak untuk dimiliki khususnya untuk user yang penggunaan masih tergolong ringan seperti Chating, akses Sosial Media dan Streaming Video online.

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *