Cara Reset Hape Samsung J5 Prime/ Pro 2015-2016

Reset J5

Cara Reset Hp Samsung Galaxy J5 Prime– Ada beberapa alasan umum mengapa pemilik hape android Samsung Galaxy ingin mengembalikan pengaturan system hape ke setelan pabrik. 5 penyebab umum yang saya maksud itu antaralain : Pertama User Lupa Pola (PIN), Kedua Samsung Galaxy Performanya mulai lelet (Lemot), Ketiga Aplikasi Sering Crash (Tutup Sendiri), Keempat hape Samsung mengalami Bootloop (Tidak Bisa Masuk Sistem), dan Kelima hape Samsung Restart terus.

Terkait dengan hal tersebut maka pada postingan kali ini akan dijelaskan langkah langkah mengembalikan pengaturan sistem hape ke setelan pabrik (Factory Reset), baik menggunakan System Recovery Bawaan Android maupun Custom Recovery populer seperti TWRP.

Perhatian….!

Wipe Data Factory Reset (WDFR) adalah istilah lain dari Setel Ulang Perangkat Ke Pengaturan Pabrik dimana semua pengaturan yang telah anda buat beserta file, aplikasi, akun yang tertaut dengan aplikasi akan terhapus seperti laiknya hape baru.

1. Reset Hape Samsung J5 di Menu Setting

Pertama, Masuk ke menu Setting / Pengaturan. Scroll kebawah kemudian cari menu Backup & Reset (Cadangkan & Atur Ulang) Kemudian tap “ Factory Data Reset ” (Setelan Pabrik).

Centang pada opsi yang dianggap benar, lalu tap Reset Device (Atur Ulang Perangkat). Setelah itu tunggu proses resetnya hingga selesai, yang biasanya memakan waktu beberapa menit saja.


Setelah selesai, otomatis hp android akan restart sendiri, jika tidak maka silahkan lakukan restart secara manual.

2. Reset Samsung J5 Dengan Kode

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengetikkan tombol rahasia yaitu 27673855# . Cara ini bisa dilakukan jika anda masih bisa mengakses keyboard.Tetapi kalau tidak bisa mengakses Keyboard, gunakan cara berikut yakni menggunakan System Recovery.

3. Cara Reset Samsung J5 Dengan System Recovery

Pertama, matikan perangkat Samsung Galaxy J5 lalu masuk Mode Perbaikan (Recovery Mode) dengan cara menekan kombinasi tombol “ Power + Home + Volume Atas “. Ponsel Android Samsung terbaru yang tidak punya tombol Home cukup menggunakan “ Volume Atas + Power “.

Selanjutnya, gunakan tombol volume untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol power untuk memilih salah satu opsi.

Kemudian Pilih opsi “ Wipe Data Factory Reset “ yang kemudian dilanjutkan dengan memilih “ Delete All User Data “. Setelah proses pengembalian ke pengaturan pabrik ( opsi delete all user data ) selesai, kembali kemenu utama lalu Restart perangkat dengan memilih menu Reboot System Now.

Terakhir, lakukan setting awal perangkat anda seperti laiknya hape baru.

Yang perlu anda ingat adalah, cara diatas anda lakukan jika didalam perangkat anda belum terinstal Custom Recovery seperti ClockWorkMood atau TWRP.

Jika perangkat anda menggunakan Custom Recovery TWRP, berikut langkahlangkah cara melakukan WDFR…

Pertama anda matikan perangkat Samsung J5 dan masuk ke Sistem Recovery TWRP dengan menekan tombol kombinasi “ Power + Home + Volume Atas “.

Selanjutnya anda pilih menu “ Wipe “ yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih opsi “ Format Data “. Lalu akan muncul peringatan bahwa Wipe Data akan menghapus semua data didalam perangkat namun abaikan saja lalu swipe tombol kekanan dan tunggu proses selesai.

Terakhir, setelah semua proses dijalankan maka anda harus mulai ulang perangkat dengan milih menu “ Reboot “ ke System.

Reset Total Samsung J5 Dengan Odin

Me-Reset system hape Samsung J5 dengan System Recovery Bawaan biasanya masih menyisakan kerusakan masalah jika sumber masalahnya ada pada system yang sudah rusak. Meski direset 100 kali sekalipun, system rusak akan tetap rusak sehingga perlu diganti atau yang biasa disebut FLASHING.

Cara memasang Sistem baru ( Flashing Firmware ) membutuhkan alat bantu berupa Komputer, Kabel Data sedangkan untuk softwarenya ada Program Odin, USB Driver dan Firmware Asli. Untuk itu pastikan anda telah menyiapkan semua syarat tadi sebelum mereset Sistem dengan bantuan Program Odin.

Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan satu demi satu.

Yang kita perlukan pertama adalah Firmware Asli Samsung Bahasa Indonesia. Mendownload Firmware yang sesuai dengan Versi “ Pita Dasar / Nomor Versi “perangkat Samsung yang akan di Flash ( itu lho yang ada tulisan HXCU / DXU / XXU dll ).

Untuk mengetahui versi Pita Dasar buka menu : Setting Tentang Perangkat Informasi Perangkat Lunak. Perhatikan pada Versi Pita Dasar atau Nomor Versi. Ponsel Android dengan Pita Dasar / Nomor Versi Firmware HXCU hanya dapat terpasang pada Ponsel dengan Pita Dasar HXCU juga. Jika memaksakan untuk memasang Firmware yang berbeda, akan terjadi ERROR pada aplikasi Odin.

Yang kedua adalah Program Odin dan Driver USB. Program ini berfungsi sebagai aplikasi bantuan yang akan menjembatani proses penginstalan paket system mentah didalam Firmware ke perangkat Android. Supaya dapat terbaca oleh PC makan didalam Sistem Windows harus sudah terpasang Driver USB Samsung Terbaru.

Perhatian…!

Pastikan anda menggunakan Kabel Data Original bawaan hape yang masih dalam kondisi baik. Hindari menggunakan kabel data milik hape dengan merek yang berbeda.

Pastikan pula daya baterai dalam kondisi 100 % atau setidaknya 60%. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perangkat kehabisan daya pada saat proses pemasangan sistem sedang berjalan.

Back Up (mencadangkan) filefile penting seperti kontak, video, foto dll ke memory eksternal atau ke harddsik komputer. Meskipun dalam proses flashing nanti tidak akan menghapus data tapi sebagai persiapan saja siapa tahu perangkat mengalami masalah dan perlu Factory Reset Via System Recovery.

Langkah-Langkah Flash Samsung Galaxy Dengan Odin

Pertama Instal terlebih dahulu Samsung USB Driver pada komputer. Jika sudah terinstal Samsung KIES di komputer maka lewati langkah ini. Driver USB berfungsi agar Sistem Operasi windows dapat membaca ponsel android.

Selanjutnya, aktifkan USB Debugging dengan cara buka menu Pengaturan → Opsi Pengembang “ Pendebug USB “ lalu centang juga Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan menu opsi pengemban Buka Pengaturan → Tentang Perangkat Versi Pita Basis (klik selama 6x).

Lanjut dengan mematikan daya perangkat Samsung lalu masuk ke Mode Download dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Home + Tombol Power. Pada saat handphone bergetar lepaskan tombol power tapi tetap tekan tombol volume bawah dan home.

Pada Download Mode akan melihat tanda peringatan segitiga berwarna kuning lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan.

Next…Jalankan program Odin lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer. Program Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB dan ID:COM berwarna BIRU. Pada Message Box akan muncul pesan “ADDED” sesaat setelah Ponsel Android tersambung dengan komputer. Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auot Reboot” dan” F. Reset Time “.

Selanjutnya anda masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian pilih file tar.md5 yang telah diekstrak.

PENTING….!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang anda download ternyata terdiri dari banyak file seperti gambar diatas, perhatikan kode awal file seperti AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC.

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File. Khusus untuk CSC hanya digunakan jika anda ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Langkah terakhir , klik pada tombol START di Odin untuk memulai proses Flashing. Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan kabel USB dari perangkat. Selama proses ini, perangkat akan mengalami restart secara otomatis. Sebagai referensi baca juga artikel tentang Cara Flash Samsung A6.

Demikian penjelasan tentang Cara Reset Samsung J5 Bootloop, Lupa Pola (PIN), Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *