Oleh-oleh Khas Sembalun Lombok, No.5 Bikin Panjang Umur..?

Oleh-oleh Khas Sembalun Lombok Timur

Jika anda berwisata ke Sembalun, pastikan anda jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas sembalun berikut ini. Ya, selain terkenal dengan keindahan panorama gunung rinjani, sembalun juga punya beragam kerajinan dan jajanan khas yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Apa saja itu ?
Berikut ulasannya.

1. Strawbery Khas Sembalun

Kecamatan sembalun yang berada di kaki gunung rinjani, kondisi tersebut menyebabkan suhunya lebih dingin dibanding kecamatan lain yang ada di kabupaten lombok timur. Ditambah lagi kondisi tanahnya yang kaya akan unsur hara yang diperlukan tumbuhan membuat tanaman buah dan sayur tumbuh dengan subur.

Salahsatu jenis buah-buahan yang banyak dibudidayakan masyarakat sembalun adalah strawbery. Buah mungil berwarna merah cerah ini bisa dijadikan buah tangan setelah berkunjung kesembalun dan bisa anda olah menjadi juice yang bila dikonsumsi secara teratur dapat memperlancar saluran pencernaan dan menurunkan kolseterol.

2. Kain Tenun Sembalun

Tidak banyak yang tahu bahwa selain Kecamatan Pringgasela dan Jerowaru, Sembalun juga memiliki sentra kerajinan kain tenun tradisional yang keseluruhan pembuatannya dikerjakan dengan peralatan manual / bukan mesin.

Karena pembuatannya yang masih menggunakan peralatan tradisional mengakibatkan pembuatannya memerlukan waktu yang lebih lama dibanding kain tentun pabrik. Baik itu proses pemintalan awal hingga bagian pewarnaan, semuanya dikerjakan dengan tangan.

Meskipun Kain tenun khas sembalun memiliki corak warna yang kaku, namun hasilnya terbilang lembut. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan bervariasi. Kisaran harganya ada diangka 600-700 ribu rupiah untuk paket lengkap berupa selendang, jilbab, baju, dan celana atau rok. Sedangkan yang berupa jilbab dihargai 250 ribu rupiah.

3. Kopi Rumput Laut

oleh-oleh khas sembalun

Kopi rumput laut mungkin masih terdengar aneh dikalangan masyarakat, karenan yang namanya kopi pasti bahan dasarnya biji kopi. Namun di Sembalun, tangan-tangan kreatif pemudanya mengembangkan jenis kopi baru yang diolah dari bahan rumput laut.

Kopi rumput laut ini dapat dinikmati baik dalam kondisi apa saja, baik dingin maupun panas. Dalam kondisi suhu panas, kita bisa menikmatinya seperti kopi biasa. Saat dingin bisa dijadikan puding yang memiliki kandungan serat untuk memperlancar pencernaan. Sedangkan ampasnya bisa dijadikan masker kecantikan yang berkhasiat meremajakan sel-sel kulit dan mencegah jerawat

4. Kopi Arabika Sembalun

Kopi arabika khas sembalun sebenarnya bukan varietas asli yang berasal dari tanah sembalun, melainkan varietas Sigaruntang yang ditanam pada tahun 1962. Varietas Sigaruntang sendiri berasal dari Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang berdasarkan Testimoni pengamat kopi dunia telah dikenal memiliki kualitas terbaik.

Mengingat Permintaan akan kopi Arabika Sembalun semakin hari semakin tinggi, terutama untuk pemasaran di pulau jawa dan sekitarnya. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mendorong para petani untuk meningkatkan produksi kopi arabika sembalun yang saat ini sebenarnya menjadi komoditi sampingan karena masyarakat lebih memilih untuk memanfaatkan lahannya untuk budidaya buah dan sayur.

5. Kopi Black Garlic Nunggal

Kopi Black Garlic Nunggal menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak diburu wisatawan yang berkunjung kesembalun. Black Garlic yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan meningkatkan stamina serta ketahanan tubuh.

Kopi Black Garlic sangat baik dinikmati selagi masih hangat, terlebih dalam suhu udara dingin. Rasanya tergolong unik, kombinasi pahit, manis dan asam.

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *