Cara Flash Firmware Samsung A605G Indonesia

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah Flash Firmware Samsung A605G khusus Region Indonesia menggunakan PC maupun tanpa PC. Flash lewat media PC menggunakan program ODIN, sedangkan tanpa PC menggunakan Custom Recovery pihak ketiga, bisa CWM atau TWRP.

Kedua metode flashing (Dengan PC dan tanpa PC) punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Flashing tanpa PC kelebihannya itu mudah praktiknya dan jarang terjadi Error, sebab program dan firmware yang digunakan resmi, tetapi kurangnya karena pakai PC itu tadi.

Sedangkan Flashing tanpa PC kelebihannya tidak butuh alat bantu PC, tetap sedikit ribet di proses pemasangan Custom Recovery. Sialnya, firmware asli samsung tidak bisa diinstal lewat Recovery, dan otomatis kita hanya bisa menginstal Custom ROM kalau mau flash A605G tanpa PC.

Satu lagi, biasa kalau mau pasang Custom Recovery biasanya juga butuh PC. Tetapi kalau mau tanpa PC, A605G harus di-Root dulu sementara kalau di Root paling gampang pakai PC…wkwkwkwkwk

Bingungkan…?

Daripada bingung mending lanjut ke cara pertama…!

Cara Lengkap Flash Samsung A605G

man with fireworks
Photo by Rakicevic Nenad on Pexels.com

Cara 1. Flash Firmware Samsung A6 Dengan PC

Flash selain untuk memasang Android terbaru juga bisa menjadi solusi saat perangkat A605G mengalami Bootloop yang ditandai dengan hape gagal booting ke menu utama tapi mentok sampai logo Samsung saja.

Flashing adalah istilah lain dari pemasangan perangkat lunak Android pada ruang penyimpanan ponsel. Untuk dapat melakukan flashing ada beberapa bahan yang harus disiapkan seperti :

  • FIRMWARE SAMSUNG A605G INDONESIA, yang merupakan file yang akan kita install dan berisi Sistem Operasi Android. Firmware ini ibarat file ISO Windows yang nantinya akan kita jadikan bahan instal ulang komputer atau laptop. Firmware yang digunakan harus sesuai dengan tipe hape dan pita dasar misalnya “ DXU / XXU/ dll.
  • DRIVER USB SAMSUNG, Merupakan perangkat lunak dipasang di pada komputer yang bertujuan membantu Sistem Operasi Windows mengenali perangkat Samsung.
  • PROGRAM ODIN, Perangkat lunak yang kita gunakan untuk menuliskan sistem baru kedalam memori tempat Sistem Android terpasang.
  • KOMPUTER, kita gunakan sebagai media untuk membantu menginstal Firmware kedalam memori hp.
  • KABEL USB, untuk menghubungkan PC dan hape.

Supaya PC bisa melakukan Flashing firmware kedalam Samsung A6 anda, kita harus membuka akses dari dalam hape itu sendiri terlebih dahulu. Caranya dengan mengaktifkan USB Debuging dan OEM Unlock untuk ponsel Samsung terbaru.

Istilah USB Debuging adalah pemberian ijin kepada perangkat komputer untuk melakukan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, proses instalasi Stock ROM akan GAGAL.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan → Opsi Pengembang → Pendebug USB.

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka Pengaturan → Tentang Perangkat → Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Guna menghindari kehilangan file berharga seperti foto, kontak, SMS, dll sebaiknya anda melakukang pencadangan terlebih dahulu.

Meskipun kenyataannya melakukan flashing tidak akan menghapus data pada memori internal, sebaiknya data penting seperti foto dan video dicadangkan dulu ke memori eksternal atau harddisk laptop sebelum melanjutkan ketahap flashing.

Tidak lupa pula untuk isi daya hingga 100% atau setidaknya 60% guna menghindari terhentinya proses pemasangan sistem karena kehabisan daya.

Langkah-Langkah Flash Firmware Samsung A6 Menggunakan Odin

  • Pertama anda matikan perangkat A605G anda lalu masuk ke Mode Download dengan cara Menekan “ Tombol Home + Power + Volume Bawah “.
  • Sedangkan untuk perangkat Android Samsung edisi baru yang tidak punya tombol Home, gunakan “ Tombol Power + Volume Bawah “ .
  • Pada saat handphone bergetar kemudian muncul logo lepaskan tombol Power, Volume Bawah dan Home secara bersamaan.
  • Setelah masuk Download Mode anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi Firmware dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.
  • Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer.
  • Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.
  • Perhatikan pada ID:COM yang berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna. Pada Message Box akan muncul pesan “ ADDED ” sesaat setelah Ponsel Android tersambung.
  • Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “AUTO REBOOT ” dan” F. RESET TIME “. Auto Reboot akan menyebabkan hape akan Restart secara otomatis bila proses pemasangn firmware selesai dan masuk ke sistem.
  • Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.
  • Firmware yang tersedia di internet terkadang terdiri terdiri dari 4 file berekstensi TAR.MD5 seperti :AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Tugas anda adalah memasukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.
  • Misalnya : File PA untuk kolom PA yang merupakan firmware sedangkan, File BL untuk kolom Bootloader dst.
  • Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.
  • Meskipun AP merupakan file utama yang diperlukan dalam proses instalasi firmware A605G, tetapi pada saat pemasangan, semua file harus ada ditempatnya masing-masing. Dengan kata lain file AP tidak bisa berdiri sendiri.
  • Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing, klik tombol “ START “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.
  • Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau perangkat akan langusng Restart, kecuali anda tidak mencentang opsi Auto Reboot di menu Option.
  • Anda bisa melepas sambungan kabel data dari PC sekarang dan melakukan Setup Sistem.
  • Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.
  • Selesai.

Cara 2. Flash Firmware Samsung A6 Tanpa PC

Pertama pastikan anda sudah menginstal Custom Recovery TWRP di A605G. Jika belum silahkan baca panduannya di artikel saya yang lain.

Backup semua data penting seperti Kontak, Foto, Video dan Dokumen dari memori internal dengan cara menyalinnya ke SD Card atau backup ke HDD PC. Kalau tidak ada file penting sebaiknya reset saja supaya sistemnya benar-benar fresh, caranya bisa ikuti Panduan Reset Samsung J5.

Selanjutnya, download Custom ROM dan GAPPS untuk A605G lalu letakkan di SD card.

Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol “ Home + Power + Volume Up “ .Selanjutnya pilih menu WIPE → FORMAT DATA untuk me-Reset ulang ke pengaturan pabrik.

Kembali ke halaman utama TWRP kemudian pilih menu “INSTALL” lalu cari file ROM yang ada di SD Card.

Setelah ketemu, pilih filenya lalu Swipe Togle kekanan untuk install dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah kembali kemenu awal instal GAPPS seperti cara proses pemasangan ROM tadi.

Bila langkah-langkah telah dijalankan, kembali ke menu utama TWRP sekali lagi lalu pilih menu REBOOT → REBOOT TO SYSTEM.

Seperti biasa, proses booting pertamakali akan berlangsung lebih lama karena sistem baru akan membaca hardware terlebih dahulu.

Demikian informasi tentang cara flash A605G dengan PC dan Tanpa PC, Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *