Cara Flash Asus Z008D Bootloop Via SD Card

Cara Flash Asus Z008D Bootloop Via SD Card

DAFTAR ISI

Cara Mengatasi Asus Z008D Yang Mengalami Bootloop, Mentok Logo Asus, Ngeblank Dengan Flash Firmware Via SD Card – Mengapa hape Asus Z008D saat dihidupkan kok tidak bisa masuk menu, tetapi mentok sampai logo Asus lalu Restart lagi.

Kejadian tersebut terus berulang sampai daya baterai hampir habisa sehingga terpaksa saya matikan saja hape dengan cara cabut baterai.

Bila anda pernah mengalami kejadian diatas di hape Asus anda berarti kita sama. Sebagai informasi untuk anda, hal-hal aneh seperti gagal masuk sistem seperti cerita saya diatas merupakan gejala Bootloop.

Pengertian Bootloop pada ponsel android dilihat dari gejalanya adalah kondisi dimana hape saat dihidupkan tidak bisa masuk kedalam sistem guna mengakses menu, tetapi mentok pada logo bisa juga ngeblank atau setelah masuk logo perangkat kembali Restart.

Beberapa hal yang menyebabkan ponsel android Bootloop antaralain :

  1. Memasang Custom ROM yang tidak stabil ;
  2. Firmware yang diinstal Korup karena proses download yang tidak sempurna.
  3. Pernah melakukan Rooting untuk mendapatkan hak akses Administrator.
  4. Kesalahan saat membuka (Unlock) Bootloader untuk keperluan Rooting
  5. Kesalahan saat mengedit file sistem menggunakan aplikasi tertentu seperti Xposed

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi ponsel android yang bootloop…?

Langkah pertama yang bisa anda lakukan jika mengalami bootloop pada ponsel android khususnya Asus Z008D adalah mengistirahatkan ponsel anda sejenak.

Sejenak yang saya maksud bisa 1 jam atau bahkan seharian.

Alasan saya meminta anda mengistirahatkan hape Asus Z008D karena mungkin saja hape anda terlalu lelah karena terus digunakan menjalankan aplikasi berat.

Atau penggunaannya normal tapi tidak pernah dimatikan.

Itu mungkin saja lho, karena beberapa kasus hape android yang mengalami Bootloop bisa sehat kembali setelah diistirahatkan selama seharian penuh.

Tidak hanya dimatikan lalu dibiarkan begitu saja, mengistirahatkan hape yang saya maksud dengan melepas (bongkar) beberapa komponen hape seperti SIM Card, Memory Eksternal, Baterai.

Tetapi kondisi ini hanya berlaku apabila, ponsel masih bisa dicopot baterainya. Sedangkan kalau yang tipe Unibody, sebaiknya atasi dengan cara berikut…!

Cara Flash Asus Z008D Via SD Card

Karena yang menjadi masalah dalam kasus hape Asus Z008D Bootloop ini adalah sistem, cara paling gampang tentu saja dengan menginstal sistem baru yang lebih fresh.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama anda Download terlebih dahulu Firmware Zenfone yang sesuai dengan SKU lalu simpan di SD Card hape Asus Z008D anda ;

Selanjutnya anda matikan perangkat Asus Z008D dengan cara melepas baterai ( kalau bisa) lalu masuk ke Sistem Recovery dengan menekan tombol “ Power + Volume Up “ ;

Setelah masuk Sistem Recovery gunakan tombol Volume untuk memindahkan kursor dan tombol Power untuk memilih opsi (Enter) ;

Setelah anda berhasil masuk “ Recovery Mode “  ada 5 opsi yang diberikan yaitu : Reboot To System Now, Apply Update From ADB, Wipe Data / Factory Reset, Wipe Cache Partition, Apply Update From Sd Card ;

Karena kita akan menginstal Firmware makan anda pilih opsi “ Apply Update From SD Card ” Card lalu cari firmware yang telah didownload tadi di SD Card.

Selanjutnya, gunakan tombol “ Power “  untuk memilih opsi install dan tunggu hingga proses instalasi Firmware selesai.

Setelah proses pemasang firmware selesai, perangkat akan restart sendiri kemudian  booting seperti biasa, dan dari pengalaman mengatasi hape Asus Bootloop dengan cara ini, tidak ada aplikasi dan data yang terhapus.

Akan tetapi lebih baik bila anda sedari awal membuat cadangan file terlebih dahulu (Kalau Bisa).

Bagaimana kalau setelah menjalankan cara diatas, hape masih Bootloop juga…?

Seharusnya, setelah menjalankan update Sistem seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan tadi, hape anda bakalan sehat kembali.

Tetapi kalau Asus Z008D anda masih Bootloop juga, penyebabnya mungkin karena ada file sistem yang sudah rusak tidak klop dengan file sistem baru yang anda instal tadi.

Bila suda demikian anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cara ekstra berikut…!

Yang saya maksud dengan cara ekstra disini adalah “ Reset Ke Pengaturan Pabrik “.

Tetapi ada konsekuensi yang ditanggung dengan melakukan cara ini yaitu semua file dan aplikasi didalam memori internal akan terhapus.

Cara Factory Reset Asus Z008D

Pertama anda matikan perangkat dengan cara lepas baterai kemudian pasang kembali.

Setelah itu anda masuk kembali ke Recovery Mode seperti cara pertama yakni menekan tombol “ Power + Volume Up “ ;

Selanjutnya, cari menu  “ Wipe Data Factory Reset “ lalu pilih lagi sub menu “ Delete All User Data “.

Gunakan Volume + atau Volume – untuk memindahkan kursor dan tombol power untuk memilih opsi ;

Tunggu beberapa menit kemudian kembali kemenu awal lalu pilih “ Reboot To System Now “ ;

Terakhir, anda tinggal melakukan Setup sistem seperti biasa seperti halnya hape baru.

Demikian penjelasan tentang cara Flash Asus Z008D untuk mengatasi Bootloop Dengan Cara Update From SD Card dan Factory Reset, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Upgrade Ke Android Pie

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *