8 Langkah Upgrade Android Samsung ke Android Pie

Pastinya sudah pada tahu kalau Google hampir setiap tahunnya merilis versi Android terbaru. Nah ditahun 2018 ini sudah hadir Android Pie yang resmi didistribuasikan ke beberapa seri hp, tapi masih terbatas diperangkat flagship saja.

Enaknya menggunakan Android kita bisa melakukan Upgrade dari versi sebelumnya ke versi terbaru kalau perangkat kita kebagian jatah Upgrade. Misalnya dari Kit-Kat ke Lollipop, Lollipop ke Marshmallow, Marshmallow ke Nougat, Nougat ke Oreo, Oreo ke Pie.

Bahkan ada juga yang loncat dua versi sekaligus misalnya Jelly Bean ke Lollipop.

Samsung sebagai salah satu perusahaan yang sukses berjualan smartphone Android seperti yang dikutip dari www.digitaltrends.com  merilis daftar perangkat Android Samsung yang bakalan meneriman update Android pie seperti :

  1. Galaxy Note 9
  2. Galaxy S9
  3. Galaxy S9 Plus
  4. Galaxy Note 8
  5. Galaxy S8 / Plus / Active

Bagi kalian yang menggunakan salahsatu dari 7 perangkat diatas dan ingin segera menjalankan Android pie, berikut langkah-langkanya.

8 Langkah Upgrade Android Samsung ke Android Pie

1. Cek ketersediaan Pembaruan Sistem di perangkat Samsung Galaxy anda

Pastikan anda telah mendapatkan notifikasi adanya pembaruan system yang ditandai dengan adanya ikon angka 1 pada menu setting.

Jika tidak, lakukan pengecekan manual dengan membuka menu Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Informasi Perangkat Lunak -> Cek Ketersediaan Perangkat Lunak Terbaru. Lanjutkan dengan mendownload file pembaruan hingga 100%.

Perlu untuk diingat, ukuran file update biasanya lebih dari 1 GB, pastikan koneksi internet anda cepat dan stabil. Setelah proses download selesai system akan meminta untuk melakukan Restart guna menginstal File Update yang telah didownload tadi. Jangan panic jika booting pertama kali agak sedikit lama, karena system baru terlebih dahulu memindai hardware dana plikasi yang telah terpasang pada system sebelumnya.

Oia.. proses Upgrade ini tidak akan menghapus aplikasi dan file yang ada di Memory Internal, kecuali anda melakukan Hard reset.

Tetapi cara diatas ada kurangnya… Firmware yang telah didownload tidak bisa digunakan untuk flash jika kelak diperlukan. Untuk itu anda perlu rencana kedua yakni Upgrade secara manual. Upgrade Android secara manual atau Flash istilah lainnya dapat juga digunakan untuk mengatasi Ponsel Samsung Yang mengalami IMEI tidak Valid.

2. Ketahui Versi Pita Basis atau Nomor Versi Firmware yang perangkat Samsung Galaxy anda jalankan

Langkah pertama ketahui dulu Versi Pita Basis atau Nomor Versi Firmware smartphone Android Samsung yang anda gunakan. Tujuaannya supaya firmware yang didownload tepat bukan untuk produk sejenis tapi untuk Negara lain.

8 Langkah Upgrade OS Samsung ke Android Pie
Perhatikan Kode DXU

Beda Versi Pita Basis bisa bikin proses pemasangan Error. Perhatikan bagian DXU pada gambar, kode tersebut merupakan kode yang harus sama antara yang tertera di hape dan yang tertera di Firmware.

3. Download Firmware Android Oreo atau Pie di Sammobile beserta Program Odin

Sebenarnya ada banyak situs tempat download Firmware Samsung, tetapi menurut saya www.sammobile.com yang paling lengkap. Sebelum bisa mendowload firmware, situs ini mewajibkan kita untuk join sebagai member, untuk itu daftarkan diri anda dengan email atau akun facebook.

Kunjungi halaman www.sammobile.com/firmware/ lalu ketikkan seri ponsel Samsung yang anda gunakan. Setelah tampil daftar software yang tersedia Pilih Negara Indonesia. Klik salah satu firmware yang ada sesuai dengan kode Pita Basis atau Nomor Versi perangka Samsung anda.

Firmware yang telah didownload biasanya berformat Zip. Ekstrak file Zip tadi sehingga hanya tersisa 1 -5 file dengan format Tar.MD5. Untuk menginstal firmware tadi, kita butuh program Odin. Download Program Odin dan sesuaikan dengan spesifikasi Android yang anda gunakan.

4. Download dan instal driver USB Samsung yang sesuai dengan tipe sistem operasi, misalnya Windows 7 32 bit

Driver usb Samsung kita perlukan agar perangkat dapat terbaca oleh sistem operasi Windows. Jika sebelumnya anda telah menginstal Samsung KIES, anda bisa melewatkan langkah ini karena didalam program tersebut sudah include driver USB.

5. Aktifkan USB Debuging dan Pembuka Kunci OEM agar perangkat dapat menerima Firmware baru yang akan dipasang.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB. Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk Android 4.4.4 ke atas). Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

6. Cadangkan berkas penting seperti kontak, foto dan video.

Cadangkan kontak menggunakan Google Contact supaya nanti jika terjadi masalah yang mengharuskan anda melakukan Hard Reset, kontak anda bisa di Restore. Begitu pula dengan Foto dan video, gunakan aplikasi Google Foto untuk membuat cadangannya atau copy manual kedalam harddisk computer.

7. Masuk kedownload mode untuk memulai proses pemasang Firmware

Untuk masuk kedalam download mode , gunakan kombinasi tombol Power + Home +Volume bawah. Jika ada peringatan menginstal firmware dapat merusak hape, abaikan saja dengan menekan tombol volume atas untuk melanjutkan.

8. Jalankan program odin untuk menginstal firmware kedalam perangkat

Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer. Tampilan Odin akan tampak seperti gambar berikut :

8 Langkah Upgrade OS Samsung ke Android Pie
Tampilan antarmuka Odin

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna. Pada Message Box akan muncul pesan “Added” sesaat setelah Ponsel Android tersambung. Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auot Reboot” dan” F. Reset Time “

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING….!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang anda download ternyata terdiri dari banyak file seperti : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.

Khusus untuk CSC hanya digunakan jika anda ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer. Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Penutup

Demikian informasi tentang Cara Melakukan Upgrade OS Android Samsung ke Android Pie baik itu secara langsung dari perangkat dan menggunakan PC.

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *